Reportase 2009


Januari 2009

Saya lupa ngapain aja, tapi sepertinya masih senang-senang dengan kegiatan SMA. Oh, dulu kapan itu di masa lalu pernah sampai berpikir buat bikin kaos “I HATE SCHOOL! I RATHER DO ANYTHING THAN GO TO SCHOOL” karena terlalu muak dengan Matematika dan IPA. Tapi kelihatannya pada saat Januari itu keinginan tersebut luntur, seiring dengan semakin berpikir ke arah akhir menjadi seorang siswa SMA.

Februari 2009

Lagi-lagi lupa. Tapi kelihatannya sudah mulai sering banyak bertanya ke SSC tentang bagaimana pemcehana soal. Mulai lihat-lihat selebaran univeritas. Mulai iri karena sudah banyak yang diterima di universitas sedangkan saya pikir diri ini masih nol besar. Tryout UM sudah seperti menjadi keseharian tiap minggu. Oh, buku kenangan sudah mulai digarap. Kelas XII IA 5 saya sudah mulai foto-foto, dengan konsep yang, mungkin, amburadul. Biar begitu tetap saja ini indah, bagaimanapun juga kita dahulu.

Maret 2009

Ujian SIMAK UI akhirnya terjadi di bulan ini. Pembuktian besar pada apa yang kami semua para makhluk yang sedang menjalani kelas XII SMA tahun angkatan 2009 lakukan setahun ini. lalu bulan depannya adalah UM UGM dan UAN. Doa-doa mulai benar-benar digencarkan. Otak diperas habis-habisan, apalagi setelah menjalani semacam terapi shock sehabis SIMAK UI yang benar-benar gagal.

April 2009

UM UGM yang saya rasa manis karena saya untuk pertamakali bisa mantap dalam mengerjakan soal. Dan nyatanya subhanallah, saya tembus UGM jurusan fisika teknik. Alhamdulillah bagaimanapun juga. Tapi UJIAN AKHIR NASIONAL? pahiiitttt. Saya tak menyangkan bahwa soal-soalnya akan sesusah itu. Saya takut tidak lulus nantinya. Oh iya, ada sebuah hari yang menyenangkan, sehari setelah UM UGM.

Mei 2009

Masa-masa akhir SMA. Ujian praktek, ujian akhir sekolah yang kembali pada sistem lama (baca=mencontek, karena setahun ini membiasakan diri untuk berlaku jujur demi UAN dan UM), dan kegiatan yang benar-benar indah di penghujung masa SMA yang manis. Dengan berbagai bumbu pada hari-harinya yang membuat ini menjadi semakin nano-nano. SMA, sebuah kisah klasik untuk masa depan, yang akan terus hidup dengan bagaimanapun cara dan rasa di relung hati masing-masing siswa. Hei, saya didaulat menjadi ketua film angkatan, dengan Bimo juga. Agak berat sebenarnya. Tapi kamerapun mulai rolling akhir bulan ini karena, ehm, berbagai paksaan yang mengharuskan film ini segera dirampungin. Film yang nantinya akan diberi judul “SOLACE Stories ’09”.

Juni 2009

Inilah ini, akhir dari sebuah kisah SMA.

Bulan ini adalah masa-masa bikin film. Benar-benar keren. Saya merasa bahwa mungkin alhmadulillah telah dipilih menjadi ketua. Meski sangat-sangat capek baik lahir maupun batin, otak, dan mata karena jadi jarang tidur, tapi setidaknya ini berakhir dengan manis. Saya suka ketika proses pengambilan gambar, kita melebur menjadi satu untuk merekam semuanya, sambil sedikit-sedikit mengubah konsep yang telah dibikin, lalu mengarahkan sudut pandang kamera sampai mendapatkan pandangan yang mantap, bahkan sampai memakai skateboard pinjaman dan juga gerobag segala demi menggeser kamera agar tidak goyah, demi ingin terlihat profesional tapi dana terbatas sehingga tidak mungkin untuk membuat rel.

Lalu ada pendakian masal merbabu SOLACE tanggal 9-10. Entah bagaimana ceritanya waktu itu tapi malah saya yang jadi leader. Dan guess what, saya hampir saja menyesatkan sekitar 30 orang rombongan yang ikut naik, karena sayanya yang waktu itu rada ngelindur. Untunglah setelah sekian waktu, kita kembali ke jalan yang benar. Itu adalah pendakian yang menimbulkan banyak masalah, ada yang lihat harimaulah, ada yang sakit-sakitanlah, nyasarlah, perjalanan sampai puncak yang memakan waktu sangat lama, dan lain sebagainya. Tapi itu keren, setidaknya menjadi sebuah kenangan bagi kita semua, manusia-manusia petualang dari SMADA ’09. Viva VACHERA. Uhuuyy..

Lalu lagi, ada pengumuman UAN. SMADA LULUS 100%!!!! Erweiik.. Kita bernyanyi bersama, menyanyikan lagu kita, mars smada. Keren. Benar-benar keren. Lalu hari-hari setelah itu adalah proses pengambilan gambar terakhir dan editing. Proses editing memakan waktu mungkin seminggu. Dikerjakan dengan dikejar-kejar oleh deadline karena harus sudah jadi pada saat malam tutup tahun, beserta 250 keping CD yang harus sudah ada buat dibagikan kepada seluruh anak-anak smada 2009. Benar-benar pengalaman yang, kalau saya bilang sekarang sih, menyanangkan. Saya bilang menyenangkan karena setelah melihat hasilnya, saya puas. Sangat mengenang ketika kita tidak tidur demi untuk mengedit ini film, pakai lapotop pinjaman pula karena komputer rumah tidak kuat. Buat masalah, buat kopi, main PS, untuk demi agar tetap bangun. Keren sekali kalian, solace!

Dan bulan ini ditutup dengan malam tutup tahun. Banyak orang menangis haru karena kita harus berpisah. Harus karena kita semua ternyata lulus, dan harus melanjutkan ke jalan manapun yang kita pilih karena kita harus tetap melangkah. Saranghae SMA 2 Jogjakarta.

Hemm, sehari setelah itu, saya bikin kamu hei jurnal harian. Dan ternyata saat saya menulis ini, sudah mencapai halaman ke 100. Wow. Dan seharinya lagi, saya kenal bukit bintang.

Juli 2009

Bulan yang tenang. Ada berbagai macam hari yang akan menjadi kenangan yang manis. Ada pendakian merapi juga. Masa tenang antara SMA dan mau masuk kuliah.

Agustus 2009

Kuliah dimulai. Ospek yang malesi. Hari-hari menyebalkan. Ada pendakian sumbing di bulan ini. Ada hari perpisahan di bulan ini.

September 2009

Mulai agak bimbang dengan langkah yang terlanjur saya ambil. Benar Fistek-kah? Oh, bulan ramadhan juga. Saya merasa hancur karena kualitas ibadah yang ngedrop banget dibanding tahun lalu. Tapi bagaimanapun, takbiran tahun ini begitu menyenangkan menurut saya.

Oktober 2009

UTS. Hancur. Masuk Bulpos sebagai ilustrator.

November 2009

Mulai ribet bikin jaket angkatan.

Desember 2009

Semedi. Seolah-olah semua perubahan benar-benar terasa di bulan ini.

Memejamkan mata. Membikin resolusi buat masa depan.

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

